Blog Tanpa Konten Karena Tanpa Persiapan

Sebelum Anda membuat sebuah blog, pikirkan dulu apa yang akan menjadi fokus blog Anda tersebut. Ini penting karena jangan sampai kita hanya memburu untuk membuat blog tanpa akhirnya setelah blog dibuat, eh, malah tidak ada kontennya. Sayang kan! Di sinilah kita sedikit belajar dan mengingat kembali pelajaran bahasa Indonesia ketika kita sekolah dulu. Apa maksudnya? Yaitu kita harus belajar menetukan tema. Tema apa yang ingin kita angkat. Jangan sampai setelah kita membuat blog, lalu kita menulis berbagai macam hal, yang tidak ada fokus. Memang tidak mengapa sih, kalau hanya membuat blog sebagai iseng saja. Tapi menurut saya, seharusnya membuat blog lebih memilih punya tujuan. Dan bahkan kalau blog kita itu nantinya ramai oleh pengunjung, maka kan sambil ngeblog itung-itung cari rupiah atau juga dollar. Mengenai blog kita bisa menghasilkan dollar, entar dulu setelah blog kita jadi!

Sekarang, kembali kepada tema yang akan kita angkat ketika kita akan serius untuk membuat blog. Sekali lagi tentukan tema. Menentukan tema ini menurut saya juga harus diperhitungkan dengan kata-kata atau kalimat yang akan digunakan. Dan inipun punya kaitan dengan kata-kata yang sering dicari orang. Apa hubungannya semua itu? Sangat berhubungan. Kalau kita akan membuat blog, dan kata-kata yang digunakan itu sering muncul ketika orang mencari sesuatu di www.google.com, maka kata-kata yang sering dicari itu kalau bisa kita pakai.

Contohnya bagaimana? Contohnya, kalau kita mencari kata “Dollar Gratis” di google, maka yang akan muncul adalah blog atau website yang menulis atau punya kontens dengan kalimat tersebut. Nah, tentu saja kalau kata-kata kita itu sering dicari orang, maka blog kita juga akan muncul, sukur-sukur di 10 besar google, artinya di halaman pertama di google. Mengenai mencari-kata-kata ini akan kita bahasa di kemudian hari lagi.

Tapi kembali kepada mencari kata-kata yang tepat yang akan kita gunakan sebagai nama blog kita itu nanti. Wah, rupanya inipun ada triknya ya? Ketika kita sudah mantap dengan nama blog Anda, seperti nama Anda sendiri ...... Ini akan lebih aman. Tapi kalau Anda ingin nama yang sudah terkenal dan sering dicari sama orang di Google, maka carilah kata yang paling tepat. Tapi untuk yang kedua itu ada resikonya, yaitu apa yang ingin kita pakai ternyata sudah dipakai oleh orang lain. Katakanlah, kalau kita coba membuat nama mencari dollar, saya yakin nama itu bisa jadi sudah dipakai oleh orang lain, karena nilainya tinggi.

Jadi dalam langkah mencari nama saja kita juga harus perhitungkan supaya tepat, dan tentu tepat yang dimaksud adalah berhubungan dengan nama itu istilahnya “komersial”. Kecuali memang kita mau membuat blog hanya ingin curhat saja, atau ingin mengisi luang saja. Lain persoalan. Jadi sebelum kita memulai membuat blog, carilah cama terlebih dahulu yang tepat dan sesuaikan isi temanya yang Anda kuasai supaya tidak bosan nantinya kita ngeblog. OK Selamat membuat blog!

Komentar

Postingan Populer