Tetangga Adalah Keluarga yang Paling Dekat



Tetangga adalah saudara yang paling dekat yang ada di sekitar kita. Masing-masing kita memang memiliki saudara, ada yang disebut dengan saudara secara jasmani karena kita dilahirkan dari garis keturunan orang tua yang sama atau memiliki hubungan karena kakek nenek kita atau hubungan-hubungan yang lain. Namun pernahkah kita berpikir bahwa saudara yang paling dekat adalah tetangga kanan kiri kita dan orang-orang yang ada di dekat kita.

Mengapa demikian? Karena kalau kita memiliki kesulitan yang membutuhkan pertolongan begitu cepat, contohnya ketika kita sakit dan kita sudah tidak mampu lagi untuk melakukan aktifitas yang lebih seperti orang sehat, apakah kita akan menelpon saudara-saudara kita yang ada di nun jauh di sana, atau kita menunggu dulu sampai pertolongan itu datang dari orang-orang yang memiliki hubungan darah dengan kita?

Menyadari hal tersebut komunitas perumahan DeClaster Lumba-lumba berusaha untuk hidup rukun dan saling pengertian satu dengan yang lain. Dan untuk mencapai kehidupan yang rukun satu dengan yang lain maka berbagai cara dilakukan guna menyambung tali silaturrahmi tetangga yang satu dengan lainnya.

Beberapa hal yang sudah menjadi agenda rutin dilakukan untuk mempererat tali silaturrahmi satu dengan yang lainnya itu di antaranya adalah dengan mengadakan pertemuan tetap setiap bulan yang dilakukan oleh ibu-ibu yang bermukim di perumahan. Dalam pertemuan tersebut berbagai hal dilakukan seperti membahas berbagai persoalan yang muncul ke permukaan, atau juga mengadakan arisan yang tidak terlalu memberatkan semua pihak. Dengan cara silaturrahmi seperti itu maka komunikasi bisa terjalin dengan baik dan bisa menolong satu dengan yang lain untuk saling memperhatikan.

Bagaimana dengan bapak-bapak? Memang masing-masing keluarga memiliki kesibukan yang membuat bapak-bapak tidak memiliki agenda tetap, namun demikian bukan berarti bapak-bapak tidak turut andil dalam usaha menjalin silaturrahmi dengan sesama bapak-bapak. Biasanya yang dilakukan oleh bapak-bapak adalah dengan mengadakan "melle'an" yang tanpa agenda, tapi bila ada yang memulai, maka yang lain biasanya akan datang.

Cara lain yang dianggap bisa menolong mempersatukan dan menyatukan antar tetangga adalah dengan mengdakan acara-acara non formal, seperti bakar ikan bersama, atau menikmati jagung dan banyak macam hal yang bisa dilakukan untuk mempererat tali silaturrahmi. Karena dengan bertemu maka akan mendekatkan satu dengan yang lain, bila saling dekat akan saling mengerti.

Itulah cara-cara yang dilakukan untuk menjalin komunikasi satu dengan yang lain di samping juga agenda rutin dalam komunitas Cluster Lumba-lumba yaitu  dengan KERJA BAKTI bersama membersihkan lingkungan. 

Komentar

Postingan Populer